Rabu, 02 November 2011

Gerhana Bulan Total, Saat Bulan Dalam 'Perangkap' Bayangan Bumi

(dok. foto : NASA/Fred Espenak)

Beberapa peristiwa alam menarik terjadi di tahun 2011, diantaranya adalah gerhana bulan total berlangsung pada hari Kamis, 16 Juni 2011. Ini adalah gerhana bulan total pertama yang bisa dinikmati di tahun 2011. Gerhana bulan total kedua akan terjadi pada tanggal 10 Desember 2011. Gerhana bulan yang terjadi di bulan Juni lalu berlangsung selama 100 menit, dan bulan melintas tepat di tengah bayangan
Bumi. Gerhana bulan serupa dimana bulan tepat melintas di tengah bayangan Bumi terakhir terjadi pada tanggal 16 Juli 2000. Sedangkan untuk waktu yang akan datang gerhana semacam ini akan dapat dinikmati pada 27 Juli 2018.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan
Bulan adalah benda langit yang tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya dari bulan merupakan pantulan cahaya matahari. Bentuk bulan yang berbeda-beda saat dilihat pengamat dari Bumi sangat dipengaruhi oleh posisi bulan terhadap matahari dan Bumi. Bentuk bulan yang berbeda-beda, seperti sabit, bulan separo/kuartir, purnama dan bulan mati disebut fase bulan.

Gerhana bulan hanya bisa terjadi pada saat bulan memasuki fase oposisi. Yaitu, fase dimana bulan saling berhadapan dengan matahari dalam satu garis lurus. Pada fase oposisi inilah seluruh permukaan bulan yang memantulkan cahaya matahari dapat terlihat dari bumi, yang kemudian kita kenal dengan fase bulan purnama (full moon).
Fase-fase bulan yang dipengaruhi oleh kedudukan Bulan terhadap Matahari.
Gerhana bulan total tidak dapat terjadi setiap saat purnama. Gerhana bulan total terjadi hanya pada saat seluruh bagian bulan memasuki bayang-bayang Bumi (umbra), dan kedudukan bulan berada tepat di simpul. Simpul adalah titik potong bidang orbit bulan dengan bidang orbit bumi (ekliptika). Jika bagian bulan yang masuk ke umbra Bumi hanya sebagian, disebut gerhana parsial. Apabila bulan terlihat suram saat purnama meski tidak tertutupi awan, artinya bulan berada pada daerah penumbra Bumi dan disebut sebagai gerhana penumbra.
13079535191982611410
Diagram terjadinya gerhana bulan
Mengapa tidak setiap purnama terjadi gerhana bulan? Ini dikarenakan kadang posisi bulan sangat jauh dari simpul sehingga bulan terbebas dari bayang-bayang Bumi.
oo0oo0oo0oo
Diambil dari artikel Total Lunar Eclipse, Saat Bayang Bumi Menutupi Bulan (Kompasiana, 13 Juni 2011) dengan beberapa perubahan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar